Saturday, September 16, 2006

Faktor MacGuffin

sumber image dari http://www.livedesktop.ws/Wallpapers/Movies/Ronin/Ronin_0000_Reduced.jpgKadang ada saat-saat di mana kita membaca sebuah novel, kita merasa bosan untuk melanjutkan, atau dengan mengumpulkan segenap kehendak barulah kita bisa dengan enggan melanjutkan membaca. Ini bukan soal cara bercerita (maksudnya: diksi). Juga bukan soal ceritanya gak menarik.

Karna novel-novel bagus selalu membuat kita terus membaca dan terus dan terus (maaf, meminjam bahasa iklan). Bahkan, ketika mata sudah tidak mau bekerjasama, tapi toh ada urgensi untuk menyelesaikan bacaan tersebut.

Dari sekian banyak hal, salah satunya adalah Faktor MacGuffin. Sederhananya, itu adalah faktor pengikat keseluruhan cerita. Faktor ini bisa jadi tidak begitu penting sebagai inti cerita, tetapi ia berfungsi untuk menjalin bagian satu dengan bagian lainnya.

Dalam
Galau Putri Calon Arang (yang bisa dibaca reviewnya dengan klik di sini), faktor MacGuffinnya adalah rahasia ilmu teluhnya. Sementara di film Ronin, ia berupa sebuah koper yang entah apa isinya. Kalau Ko Ping Ho? Bacaan-bacaan lainnya? Silahkan berburu sendiri faktor MacGuffin dari situ.

Jadi jangan heran, mengapa beberapa bacaan terasa harus dihabiskan, sementara sisanya menuntut perjuangan.


Links lainnya:
Baca juga tentang Faktor MacGuffin dari blog lainnya

3 comments:

Anonymous said...

Bah....

Ini McCaulay eh MacGyver eh MacGuffin kan buat cerita Thriller........... kok ane disarankan pake ini?!

doc_wong said...

Lah, kan saran saya pake McDonalds, pesan antar tuh sekarang. Makannya sambil bisa nonton McLeod (Highlander), atau McCallister (Home Alone), jangan lupa pake iMac-nya, ya... :)

Herman Saksono said...

Eh bikin tulisan tentang Deus Ex machina dong. :D Di Casino ROyale, ada Deus Ex Machina-nya lho :D