Thursday, February 08, 2007

Handphone Itu Gengsi, Man!

Teman saya mengatakan, ketika dirinya menampilkan hape Nokia 3310 nya di salon, sialan, dia ngga diladenin. Giliran yang bawa Nokia Comunicator 9300, orang tersebut mendapat respek yang baik.

Aneh memang. Di Indonesia, hape adalah alat yang mewakili gengsi, bukan sekedar alat komunikasi.
You're what handphone you hold. Jangan heran, kalo kita bawa hape tipe lama, sering diminta ganti oleh teman-teman. Apalagi bila susah dihubungi, akibat sinyal operator kurang memadai, biasanya yang disalahkan adalah handphone yang kita bawa.

"Udah deh, lu lem biru aje," demikian saran pelanggan saya. Maksud dia itu "dilem biru" adalah singkatan dari "dilempar beli baru" ... ... ...

Komen2 dibawah ini termasuk variannya:
"Hari gene, masih monokrom?"
"Waks, gak bisa muter musik?"
"Eh, gak ada kameranya mana asyik!"
"Gak buat bisa baca Kho Ping Ho ya?"
"Gimana gue ngirim ring-tonenya. Gak blutut."
"Kok gak beli yang bisa buat IM?"

Padahal di luar negeri, sesama Asia (misalnya Malaysia dan Singapure serta Brunai), temen-temen gue pada lapor, di sana rakyatnya masih megang handphone yang kalo menurut ukuran Indo udah kuno banget, tahun kuda gigit besi. Yang penting nyala dan bisa nyambung. Dan mereka asyik aja pake handphone tipe gitu. Yang kalo di Indonesia, lu mungkin malu kalo ketahuan pake itu tipe hape (pakenya sambil sembunyi-sembunyi).

Mengapa di Indonesia bisa begitu? Ngga heran, Nokia Communicator 9500 penjualan paling tinggi di dunia adalah di Indonesia, mencapai 40 persen dari total penjualan. Mungkin tahu kalo di Indo lebih penting gengsi daripada fungsi. Beragam feature yang ada dari handphone elo yang sekarang lu pakai, paling yang dimanfaatin cuma hitungan jari. Banyakan feature-nya mubazir dan ngga pernah dipakai. Mungkin malah bingung mau pakainya kalo ditanya. Itulah Indonesia. Tanya kenapa.....

Dan sekarang jaman 3G, lagi-lagi di Indonesia, peluncurannya disambut antusias. Penjualan handphone berbasis 3G meningkat. Bandingkan dengan Eropa yang ngga laku. Mereka lebih suka wi-fi. 3G benar-benar gatot (gagal total). Bahkan penemu telpon seluler, Martin Cooper, mencemaskan masa depan 3G ini.

Tenang aja Mr. Cooper. Ini Indonesia. Sekali lagi, itulah Indonesia....Tanya kenapa.....


6 comments:

Anonymous said...

Mari kita jelaskan dengan filosofi Doraemon.

ya begitulah mental konsumtif.

Parahnya seringkali kita yang menjadi Nobitanya (objek penderita) bukan melawan tetapi malah minder ketika di sindir, lalu besok2 ganti henpon (bahkan bela2in dengan kredit belinya) .

Gue dulu pernah taon 2002 masih pakai henpon berantena diketawain teman. "Hahaha masih ada antena" BUSET KAGA? PERNAH ADA JAMAN GSM, ANTENA AJA MENJADI PATOKAN GENGSI! HANYA KARENA SEBUAH ANTENA COY! GILA NYA NEGARA INI!

Harusnya kita bangga! dengan fakta bahwa negara2 maju sekalipun masih memakai henpon jebot. Buat apa kita yang jadi Nobita malu ketika disindir orang2 seperti Suneo?

dan Henpon itu jelas adalah BARANG TERMAHAL! yang dimiliki oleh hampir seluruh rakyat indonesia yang notabene 80% masih hidup dibawah garis kemiskinan.

Manusia Indonesia bahkan menomor sekiankan kepemilikan Komputer PC yang bisa membuat kita tambah pintar, atau mungkin tambah produktif. Dengan memilih barang konsumsi yang tidak memberikan keuntungan apapun kepada kita selain keuntungan besar bagi operator GSM, Produsen HP, dan juga menambah profesi baru bernama: Maling HENPON.


tapi gue lagi nunggu henpon yg bisa wifi seh hehehe.... actually intinya 3G itu adalah kecepatan transfer datanya entah kenapa kebodohan yang sengaja di biarkan di Indonesia itu adalah promosi VIDEO CALL? sehingga masyarakat berbondong2 membeli 3G karena Video Call nya.....LAGI LAGI MASYARAKAT INI MENDAPAT INFO CUMA DARI IKLAN (dan kita tahu iklan itu tujuannya menguntungkan pebisnis), padahal kalau mau bilang dari segi penghematan, henpon 3G bisa dimanfaatkan untuk telepon IP, dan ini berarti HEMAT PULSA BANGET tetapi hal ini ga akan di iklankan, karena mengurangi pemasukan operator.

Anonymous said...

Baru henpon,
gua kemana2 bawa kamera, diteriakin
"Bapak wartawan yah ?"
"Pak, tolong foto, tuliskan pesan buad
Sutiyoso, bilangin tuh banjirnya !"

Udah gitu pas gua buka tas,
orang2 sekitar langsung usep2 rambut,
nyengir2 muka manis,
yang tadinya muka garang mendadak jadi lembut

Lebih sakti dari henpon keknya,
oh ya, satu lagi,
gua gak punya henpon saat itu :D :D

David Hotary P said...

yah inilah realitas bangsa kita endonesa ... penampilan saja yang penting!

padahal mungkin hp2 keren itu dibelinya juga ngutang kartu kredit mungkin, or nyicil ?

:D
salam kenal

Anonymous said...

bukannya segala macam yang kita bawa dan kita pake tuh jadi penanda status sosial sekarang?
hehehe...
pake motor apa?
pake sandal apa?
pake baju apa?
pake jam apa?
pake mobil apa?
pake leptop apa?
pake celana apa?
pake tas apa?


haahahaha..
capek deh..

anastasianani said...

Emang sih kebanyakan org begitu tuh. Tp anaknya bos gue yg di Amrik sampe detik ini masih tuh pake Hp nokia yg 3310 tuh, gak malu tuh dia pdhal bapaknya kalo mo beliin yg Vertu jg bisa. Kalo gue sih bukannya suka ganti hp..tp hpnya ilang mulu..

Herman Saksono said...

Gampang to? Punya hp canggih menunjukkan kalau punya duit sisa buat beli barang gak penting.