Thursday, June 08, 2006

Palindrome! Apaan tuh?

Ketika sedang meng-edit tampilan blog ini. Tiba-tiba terpikir Palindrome (tulisannya bener gak sih?). Soalnya saya menampilkan links dengan judul "ikutin saya yang blog pada blog yang saya ikutin". Walaupun itu bukan palindrome, namun agak mirip2 lah.

Palindrome adalah kata, atau kalimat, yang jika dibaca dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan, maupun kanan ke kiri, akan sama. Contoh kata dalam bahasa indo: malam, katak, kokok. Kalo dalam bahasa inggris: level. Bedanya ama anagram (kalo loe orang baca da vinci code, pasti tahu!) adalah anagram bisa dirombak-susun huruf2nya.

Palindrome yang paling terkenal adalah dari Napoleon, ketika ia hampir sampai ke tempat pembuangannya di Pulau Elba, ia mengatakan "Able was I, ere I saw Elba"

Saya tanya om Google, dan ia memberikan setumpuk list palindrome, namun sayangnya, bahasa bule semua.
  • A Santa pets rats as Pat taps a star step at NASA
  • Gert, I saw Ron avoid a radio-van - or was it Reg?
  • La Renegade led a general
  • Madam, I am ill. I've nine men in evil Lima. I'm Adam
  • On a clover, if alive, erupts a vast, pure evil; a fire volcano

Om Google akhirnya mau memberikan dua contekan Palindrome dalam bahasa Indonesia: rumus sumur dan kasur ini rusak

Ada yang bisa memberikan contoh lainnya dalam bahasa Indonesia?


NB: Karna udah diponten om Google, berarti tulisan Palindrome sudah dieja dengan baik dan benar.



2 comments:

anastasianani said...

wuahhh aku baru tau loh.. keren euy

Anonymous said...

wuihhh memberikan w pengetahuan ttg bahasa hehehe...
how bout KASAK, ISI, ABA? hehehhe