Monday, June 23, 2008

Suneo Syndrome

Suneo adalah salah satu karakter dalam kartun Doraemon. Salah satu keunikan Suneo adalah suka memamerkan barang-barang barunya kepada teman-temannya--yang mungkin tidak akan mampu membeli barang tersebut--karena bapaknya Suneo kaya raya.

Teman saya menceritakan kehebatan laptop Asus kecil mungil berukuran 10 inch yang disebut eee-PC di konference. Begitu dikorek-korek, ketahuanlah dia baru memilikinya, dan tentu saja tidak semua orang lantas bisa membelinya. Ada juga yang memiliki Honda Jazz dan menceritakan betapa mengagumkan kecepatan mobil itu.

Jika yang lain adalah soal kepemilikan barang, memiliki cowok juga bisa dibanggakan oleh beberapa teman di konfe. Bahkan, lebih cepat mengetahui suatu informasi atau berita, terkadang juga bisa dipamerin, dan sekarang kita mengetahui bukan mengapa hoax sangat cepat beredar.

Ada yang baru pulang dari Naik Haji, dan kemudian berkeliling ke seluruh keluarganya dan dengan bangga menceritakan apa saja yang dia temui di sana.

Itu semua yang secara halus. Pada anak kecil, kemampuan mengarang mereka masih kurang. Suneo syndrome mereka sangat kentara, ketika mereka bercerita bahwa dia pergi ke luar negeri, melihat ini itu, atau ketika mereka memamerkan mainan baru pada teman-temannya, film-film yang baru ditontonnya, hadiah-hadiah yang didapatkannya, dan sebagainya.

Jangan buru-buru memberikan vonis dulu, sebab, bukankah ketika kita ada blog (atau posting) baru, segera kita umumkan juga, dengan berbagai cara?

Intinya, sifat Suneo tidaklah personal milik seseorang. Dia ada dalam diri setiap manusia. Entah secara halus atau kasar, seseorang selalu mencoba menyampaikan kelebihan dirinya dibandingkan orang lain. Persoalannya, mengapa demikian?

Ada teori psikologi (superiority theory, Aristoteles) yang mengatakan, tertawa adalah hal yang terjadi ketika kita merasa diri kita lebih baik dari orang lain. Jika demikian, suneo syndrome terjadi karena kita ingin diri kita lebih baik dari orang lain? Ataukah sekedar diri kita ingin berbeda dengan orang lain. Segala sesuatu yang kita tunjukkan hanya untuk mengekspresikan: Ini saya eksis, loh!

Tetapi mengapa kita harus merasa eksis dan eksistensi kita diakui?

Gambar diambil dari sini

3 comments:

agusbong85 said...

Hahahahah!!! suneo syndrome.... Lol :)

ko, aku dah ada video baru!!! :)

Anonymous said...

wahahahah, sapa tuh yang baru beli laptop eee pc yang sombong di confe ;))

Anonymous said...

Temen Baiknya Suneo khan Giant. ngak baik loh ngomong temen sendiri. kekekekekeke